Houston – Kolombia berhasil mengamankan tempat Copa America pada kuartal Sentenario (CAC) pada tahun 2016, meskipun kekalahan Kosta Rika dengan skor 2-3. Runner Kolombia mengantisipasi bentrokan dengan Brasil di perempat final.

Menunjukkan Stadion Reliant di Houston, Minggu (2016/12/06) Kolombia melihat tak berdaya dari putaran pertama. Mereka bahkan tertinggal serta 2 menit setelah Johan Venehas berhasil menggagalkan gawang yang dijaga oleh Robinson Zapata.

Lima menit kemudian, Frank Fabra bahkan skor menjadi 1-1, tapi babak pertama berakhir dengan Kosta Rika bisa mendukung ke depan. Fabre mencetak bunuh diri hanya satu menit 34

Kosta Rika ada lebih percaya diri bahwa mereka meningkatkan jarak ke gol ketiga merebut di babak kedua. Itu 58 menit, gol yang Celso Borges dibuat seakan meruntuhkan pemain Kolombia.

Kolombia itu sendiri untuk mencari defisit dengan mencetak gol di menit 73, aksi Marlos Moreno. Namun gol itu bertahan hingga wasit terdengar panjang Pelut Jose Argote (Venezuela).

Meski kalah 2-3, Kolombia lolos ke perempat final sebagai runner dalam kelompok A. Kolombia lolos dengan AS yang benar-benar juara grup.

Di perempat final, Kolombia akan mungkin berbenturan dengan Brasil. Jika Brasil lolos sebagai juara grup, Kolombia memenuhi salah satu favorit sebagai pemenang turnamen.

lineup melawan Kolombia Kosta Rika

Kolombia (4-3-3): Zapata; Medina, Mina, Aguilar (Juan Cuadrado 66 ‘), Fabre; Perez Sanchez Celis; Susu Moreno (Edwin Cardona 46), Martinez (James Rodriguez 46 ‘), Marlos Moreno
Backup: Cuadrado, Roa, Bonilla, Ospna, Arias, Diaz, Torres Murillo, Backa, James Cardona

Kosta Rika (5-4-1): Pemberton; Salvatierra (Bryan Oviedo 46 ‘), Waston, Acosta, Calvo, Matarrita; Bolanos, Azofelia, Borges (Tejeda 78), Ruiz; Venehas
Backup. Carvajal, Uman, Oviedo, Campbell, Granados, Tejeda, Woodly, Moreira